Minggu, 05 Juli 2020 06:09

Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Tahun 2020

Ditulis oleh Irwan
Nilai butir ini
(0 pemilihan)

Sebanyak 89 kepala keluarga (KK) di Desa Pangi, Kecamatan Baolan, telah didata untuk menerima Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Tahun 2020.

BSPS sendiri adalah bantuan Pemerintah berupa stimulan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) untuk meningkatkan keswadayaan dalam pembangunan/peningkatan kwalitas rumah.

Dari 89 Rumah tersebut hanya 50 Rumah yang akan menjadi Penerima BSPS dikarenakan kuota untuk Desa Pangi hanya 50 KK/Rumah tidak layak huni. Oleh karena itu seluruh data yang diajukan ke Pemerintah Kabupaten akan diverifikasi kelayakan untuk menjadi penerima sehingga tidak muncul kecurigaan dan kecemburuan sosial, jikalau Desa Pangi tidak mampu mencapai kuota yang ada akan diberikan ke Desa lain.

"adapun bantuan berupa dana stimulan yang besarnya Rp 17,5 juta/Rumah. Perinciannya Rp 15 juta untuk pengadaan bahan dan Rp 2,5 juta untuk biaya tukang”

Selain dari kelayakan rumah untuk dibedah atau dibangun baru, ada 8 Kriteria yang harus dilengkapi dan dipatuhi sebagai penerima BSPS dalam brosur sebagai berikut : 

Penjelasan dari 8 poin diatas :

  1. Berkeluarga, memiliki KTP dan KK dengan nama yang sama
  2. Tanah bersertifikat minimal SKPT atau Sporadik yang ditandatangani oleh Camat, tidak dalam sengketa dan Lokasi tanah tidak dalam posisi rawan bencana.
  3. Tidak memiliki rumah lain selain rumah tidak layak huni.
  4. Sudah jelas
  5. UMP sebesar Rp. 1.900.000 dan untuk mengetahui penghasilan petani cengkeh, jumlah penghasilan bersih dalam satu tahun panen dibagikan 12 bulan.
  6. diutamakan masyarakat yang berencana membangun atau merenovasi rumah dengan dana yang sudah siap di rekening. Minimal 5 juta Rupiah.
  7. bersedia membentuk kelompok maksimal 10 orang yang terdiri dari ketua, sekretaris, bendahara dan anggota.
  8. bersedia membuat pernyataan bahwa pembangunan rumahnya harus diselesaikan sebelum bulan Desember atau akhir bulan November, jika tidak selesai maka dananya harus dikembalikan.

“diharapkan kepada calon penerima BSPS masyarakat Desa Pangi agar sekiranya melengkapi segala persyaratan  yang ada secepat mungkin”.

Baca 279 kali Terakhir diubah pada Kamis, 09 Juli 2020 12:38

Berikan komentar

Pastikan anda memasukkan semua informasi wajib, yang bertanda bintang (*). Kode HTML tidak diizinkan.

Berita Terkini

Pengumuman

Logo kaki

Jl. Trans Sulawesi

Kecamatan Baolan, Kabupaten Tolitoli

Sulawesi Tengah 94516