Sejarah Desa Pangi

Desa Pangi terletak diujung selatan Ibu Kota Kabupaten adalah salah satu bagian Dari Enam ( 6 ) Kelurahan dan 4 Desa Yakni Desa Dadakitan, Buntuna dan Lelean Nono yang ada di  Kecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli.

Pangi diambil dari nama pohon yang dulu tumbuh di wilayah ini, pohon tersebut dinamakan pohon Pangi.

Awalnya Pangi masih merupakan sebuah Dusun bagian dari wilayah pemerintahan Desa Dadakitan pada tanggal 02 Februari 2012 resmi Mekar  menjadi Desa yang berdiri sendiri. Yang pada saat Peresmian dilakukan Oleh Bupati Tolitoli Bapak “ Dr. MOH. SALEH BANTILAN, SH. MH” dan Bapak MUDASIR S. DJILAN di lantik sebagai Penjabat Sementara Kepala Desa Pangi.

  1. Dusun Delas

Dusun Delas adalah dusun yang pertama atau disebut juga Dusun satu yang terletak pusat pemerintahan Desa yang berbatasan langsung dengan Desa Dadakitan.

Kata “Delas” berasal dari kata  “lelas“ yang dalam pengertian bahasa setempat diartikan dengan terhampar karena menurut cerita orang dulu pada disekitar sungai yang terseber di wilayah ini tersebar pohon – pohon kayu

kemudian kalimat “Lelas“ diperhalus menjadi “ Delas “ Hingga saat ini.

  1. Dusun Sumalipan

Dusun Sumalipan adalah Dusun yang kedua atau juga disebut Dusun dua yang letaknya Sebelah selatan dari Pusat Pemerintahan Desa sekarang ini. Dusun Sumalipan diambil dari sebuah nama sungai yang melintas di wilayah tersebut .

  1. Dusun Baboanjam

Dusun Baboanjam adalah dusun yang ketiga atau Dusun tiga. Dusun Baboanjam berbatasan langsung dengan Kecamatan Lampasio. Baboanjam diambil dari Nama buah Mangga Api yang hampir semua kulitnya berwarna kuning, Pohon tersebut tumbuh diketinggian atau di puncak Gunung yang merupakan Batas antara Desa Pangi dan Desa Tinading Kecamatan Lampasio sehingga kalau diartikan Kata “Babo” Berarti Atas Atau Puncak sedangkan Anjam Adalah Nama Pohon Mangga.

Terakhir diubah pada Kamis, 09 Juli 2020 13:21
Logo kaki

Jl. Trans Sulawesi

Kecamatan Baolan, Kabupaten Tolitoli

Sulawesi Tengah 94516